Sebelum memulai acara Penjurian Presentasi Karya Inovasi, tahun ini panitia mempunyai skema yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu dengan mendatangkan narasumber untuk memberikan sharing kepada para Inovator dan perwakilan ICONers yang hadir. Sharing session yang dibuka oleh GM SDM & Umum, Detty Elviany menyambut hangat dan memberikan semangat kepada seluruh inovator yang telah hadir dan siap untuk presentasi. Chief of Product Officer GO-JEK, Rama Notowidigdo dan Product Owner, Platform, Aji Yudo memberikan sharing dengan tema INNOVATION.
“GO-JEK adalah bentuk Inovasi bisnis baru fenomenal di Indonesia yang sangat mengedepankan budaya Inovasi” ujar Rama
Rama juga bercerita di GO-JEK terdapat suatu kewajiban atau tuntutan untuk menciptakan inovasi/produk/feature baru setiap tiga bulan.
Sepanjang acara berlangsung, antusiasme dari para inovator dan peserta sharing session terlihat dari keaktifan peserta dalam bertanya dan berdiskusi dengan salah satu petinggi GO-JEK tersebut.
“Tiga kata kunci yang menjadi Values GO-JEK yaitu SPEED, INNOVATION dan SOCIAL IMPACT, tiga kata tersebut mampu merubah cara kerja tim sampai ke Driver GO-JEK yang saat ini jumlahnya mencapai 240 ribu driver” ujar Aji Yudo.
Tak lupa, Rama pun menyampaikan point-point terhadap inovasi yang dilakukannya selama membangun GO-JEK, diantaranya : MPV (Main Parameter Value), Technology First, People, Over Execute, Focus on 98%, Love your Customers and Minimize dependencies.
Seusai mengikuti acara sharing season bersama GO-JEK, acara dilanjutkan dengan presentasi karya inovasi dari para innovator ICON+. KANVAS ICON+ adalah singkatan dari Karya Inovasi PT Indonesia Comnets Plus, selain mendukung inovasi dilingkungan ICON+, KANVAS ini juga untuk mendukung program kegiatan Karya Inovasi PT PLN (Persero). Sejak pendaftaran dibuka pada 01 Juni – 16 September lalu, Divisi Pengembangan Organisasi telah menerima 20 makalah inovasi. Dari 20 makalah karya inovasi tersebut terdapat beberapa karya yang sudah diimplementasikan maupun inovasi yang masih dalam tahap usulan.
KANVAS ICON+ bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan ICONers, menciptakan ide/kreatifitas baru yang mendukung proses bisnis dan sebagai sarana bertukar ilmu pengetahuan.
Seluruh inovator telah melalui tahap seleksi yang berlangsung pada 26 – 27 September lalu. Selanjutnya, pemenang akan diumumkan di perayaan puncak ulang tahun ICON+ yang ke-16 pada Oktober mendatang. Ke dua puluh karya inovasi yang sudah diterima oleh tim akan diseleksi secara internal dan yang terpilih sebagai juara akan mewakili ICON+ di ajang Lomba Karya Inovasi PT PLN (Persero) tahun 2017.