DETAIL BERITA

Senin, 26 Oktober 2020, atau bertepatan satu hari sebelum Hari Listrik Nasional yang diperingati setiap 27 Oktober, Command Center PLN pertama yang melayani wilayah timur Indonesia resmi beroperasi. Acara peresmian tersebut dihadiri langsung Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara PT PLN (Persero) Syamsul Huda.  

Selain itu, acara yang berlangsung di PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Makassar Selatan ini, juga dihadiri oleh EVP Operasional Regional Sulawesi PT PLN (Persero) Johanis, GM UIW PLN Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi barat, dan Sulawesi Tenggara Ismail Deu, GM SBU Regional Sulawesi dan Indonesia Timur ICON+ Iwan Sofyan Sory, serta unsur perwakilan Pemerintah Kota Makassar yang diwakili oleh perwakilan Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar.  

Keberadaan Command Center PLN di wilayah timur Indonesia ini tak terlepas dari upaya PLN untuk mengembangkan pelayanan lebih maksimal lagi.  

Syamsul Huda dalam sambutannya mengatakan, di tengah situasi pandemi seperti ini PLN tetap berupaya terus meningkatkan penjualan, yakni dengan memenuhi pasokan dan kebutuhan listrik di mana pun dan kapan pun. Langkah lainnya ialah dengan meningkatkan efisiensi proses dari hulu ke hilir serta meningkatkan kualitas layanan.  

Keberadaan Command Center ini menjadi satu alat untuk peningkatan efisiensi, peningkatan pelayanan dan lebih fleksibel dalam melayan pelanggan,” ungkap Syamsul Huda.  

 

Dukungan ICON+ 

Sementara itu, Ismail Deu, dalam sambutannya memberikan apresiasi yang luar biasa kepada ICON+ yang turut menjadi pendukung utama keberadaan Command Center ini.  

“ICON+ memberikan dukungan yang luar biasa dengan penyediaan jangka waktu tidak sampai dua pekan sejak permintaan PLN UP3 Makassar Selatan sampai dengan Command Center diresmikan per Senin, 26 Oktober 2020, ini,” ujarnya.  

Ismail Deu kemudian meminta agar ICON+ dapat terus memberikan dukungannya untuk perluasan Command Center agar dapat berjalan dengan baik. 

ICON+ sendiri selaku anak perusahaan dan ICT enabler PT PLN (Persero) terus berkomitmen untuk mendukung secara penuh peningkatan mutu dan layanan PLN, mulai dari penyediaan sistem dan aplikasi terpadu seperti Aplikasi Pelayanan dan Keluhan Terpadu (APKT), Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T), penyediaan perangkat, hingga sarana telekomunikasi untuk pengoperasian Command Center. 

Iwan Sofyan Sori mengatakan, ICON+ siap bila ke depannya kantor-kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan di wilayah timur Indonesia lainnya akan membangun Command Center serupa.  

“Semoga sinergi PLN Group ini semakin solid untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sehingga dapat memberikan customer experience yang komprehensif,” tutur Iwan dalam sambutannya.