Rabu, 15 Agustus 2018 lalu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) secara resmi meluncurkan Contact Center 136, di Gedung Sekretariat Kementerian ESDM, Jakarta. Acara peluncuran tersebut dihadiri oleh Menteri ESDM Iganisius Jonan.
Dalam sambutannya, Jonan mengatakan kehadiran Contact Center 136 merupakan tindak lanjut arahan dari Presiden Joko Widodo yang meminta semua unit kerja pemerintah memiliki semangat untuk melayani masyarakat. “Keberadaan Contact Center ini menunjukkan meningkatnya semangat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Jonan.
Plt Direktur Solusi Operasi Ketenagalistrikan, Ardian Cholid turut menekan tombol peresmian bersama Ignasius Jonan dan jajaran managemen ESDM.
Contact Center 136 sendiri dapat diakses masyarakat melalui ponsel maupun telepon rumah dengan menekan tombol 136. Selain itu, cakupan layanan Contact Center juga merambah media sosial seperti Twitter (@KementerianESDM), Facebook (Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral), Instagram (@kesdm), maupun Youtube (Kementerian ESDM). Jonan mengatakan, hal ini merupakan upaya Kementerian ESDM untuk menjawab perkembangan zaman.
Layanan Contact Center 136 akan melayani pertanyaan, keluhan, dan permintaan informasi dari masyarakat setiap hari kerja mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00. Sementara untuk hari Sabtu dan Minggu akan diaktifkan fitur Interactive Voice Respons (IVR). Layanan ini memiliki total 12 agen Costumer Service Officer yang terdiri dari 7 agen call, 2 agen sosial media, dan 3 team leader, yang keseluruhannya didukung penuh oleh ICON+. Selain tenaga agen, dukungan ICON+ juga terkait dalam hal penyediaan jaringan, jasa, dan konten telekomunikasi.
“Kami ucapkan terima kasih kepada ICON+ dan para provider layanan telekomunikasi atas dukungannya selama membangun sistem ini. /Terus kita kembangkan sesuai perkembangan zaman. Ini adalah bentuk support kepada sektor ESDM dalam meningkatkan layanan publik,” tutup Jonan.[]